Di Teknik Kimia Ubaya, terdapat tiga bidang minat / konsentrasi yaitu Teknik Kimia, Teknologi Proses Pangan, dan Teknologi dan Ilmu Lingkungan

Bidang Peminatan Teknik Kimia

Peminatan Teknik Kimia ditekankan pada penguasaan pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan industri kimia secara umum. Di dalamnya mencakup perancangan proses dan alat proses, pengoperasian dan pengendalian proses, efisiensi dan optimasi proses, monitoring dan pengendalian kualitas produk, serta pengembangan produk.

Bidang Peminatan Teknologi Proses Pangan

Mahasiswa yang memilih bidang minat Teknologi Proses Pangan akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang berupa ilmu dasar dan aplikasi yang berkaitan dengan proses produksi dalam industri makanan dan minuman yang meliputi teknologi pemrosesan produk-produk makanan dan minuman, analisa terhadap bahan-bahan makanan dan minuman, pengendalian mutu dan keamanan pangan, mikrobiologi pangan, bioteknologi pangan, standard dan pengaturan pangan, dan industri pengolahan hasil pertanian dan laut.

Bidang Peminatan Teknologi dan Ilmu Lingkungan

Mahasiswa yang memilih bidang minat ini akan mendapatkan tambahan pengetahuan yang berupa ilmu dasar dan aplikasi yang berkaitan dengan manajemen dan pengelolaan lingkungan. Termasuk didalamnya adalah ilmu dan teknologi air, manajemen limbah padat dan beracun, teknologi pencegahan dan pengendalian polusi, pencemaran air-tanah-udara, penilaian resiko lingkungan (environmental assessment), dan produksi bersih (cleaner production).