August 14, 2019

Kurikulum dan Peminatan

Kurikulum Program Studi Teknik Kimia UBAYA dirancang dengan beban 144 SKS (Satuan Kredit Semester) dan dapat diselesaikan normal selama 4 tahun atau 8 semester. Kurikulum saat ini telah mengakomodasi beberapa isu terkini seperti: sustainable development, greenhouse gas reduction, pollution prevention, entrepreneurship and technopreneurship, energy efficiency and optimisation, dan food technology. Secara umum, proses pembelajaran di Teknik Kimia UBAYA dilakukan dengan berbagai cara, yaitu: tatap muka, diskusi kelompok dan kelas, praktikum di laboratorium, kegiatan company visit atau kunjungan ke industri, kuliah tamu dari praktisi dan ilmuwan di dalam dan luar negeri, kegiatan pembelajaran jarak jauh atau online distance learning, peningkatan soft skills mahasiswa (contoh: kegiatan Teamwork Building Training di Kampus 3 UBAYA di Trawas, Mojokerto). Di Teknik Kimia UBAYA terdapat tiga (3) bidang minat/konsentrasi yang dapat dipilih oleh mahasiswa, yang meliputi peminatan Teknik Kimia, Teknologi Proses Pangan, dan Teknologi dan Ilmu Lingkungan.

1. Teknik Kimia

Peminatan Teknik Kimia ditekankan pada penguasaan pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan industri kimia secara umum. Di dalamnya mencakup perancangan proses dan alat proses, pengoperasian dan pengendalian proses, efisiensi dan optimasi proses, monitoring dan pengendalian kualitas produk, serta pengembangan produk kimia.

Alokasi Mata Kuliah Peminatan Teknik Kimia disini

2. Teknologi Proses Pangan

Mahasiswa yang memilih bidang minat Teknologi Proses Pangan akan mendapatkan tambahan pengetahuan berupa ilmu dasar dan aplikasi yang berkaitan dengan proses produksi dalam industri makanan dan minuman yang meliputi teknologi pemrosesan produk – produk makanan dan minuman, analisa terhadap bahan – bahan makanan dan minuman, pengendalian mutu dan keamanan pangan, mikrobiologi pangan, bioteknologi pangan, standard dan pengaturan pangan, dan industri pengolahan hasil pertanian dan laut.

Alokasi Mata Kuliah Peminatan Teknologi Proses Pangan disini

3. Teknologi dan Ilmu Lingkungan

Mahasiswa yang memilih bidang minat Teknologi dan Ilmu Lingkungan akan mendapatkan tambahan pengetahuan berupa ilmu dasar dan aplikasi yang berkaitan dengan manajemen dan pengelolaan lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah ilmu dan teknologi air, manajemen limbah padat dan beracun, teknologi pencegahan dan pengendalian polusi, pencemaran air-tanah-udara, penilaian resiko lingkungan (environmental assessment), dan produksi bersih (cleaner production).

Alokasi Mata Kuliah Peminatan Teknologi dan Ilmu Lingkungan disini