Phone:+62 31 2981158 TG 5 Building, Fak. Teknik, Raya Kalirungkut, Surabaya
Berita Jurusan

Terbaru dan teraktual berita seputar jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya

Ubaya mendapatkan Hak Paten dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia

Empat dosen jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya (Ubaya) melakukan inovasi penelitian mengenai proses pembuatan biodiesel dari minyak jelantah,  mereka adalah, Prof Ir Lieke Riadi PhD,  Edy Purwanto ST MEng Sc,  Aloysius Yuli Widianto ST, DEA, dan  Lie Hwa ST MT  yang telah mendapatkan hak paten setelah 4 tahun melakukan penelitian tersebut, yang dikerjakan mulai tahun 2012. Inovasi pembuatan biodiesel ini mengantarkan Universitas Surabaya (Ubaya) untuk mendapatkan hak paten dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, dengan judul Proses Pembuatan Biodiesel Melalui Reaksi Simultan Ozonolisis dan Transesterifikasi. Simulasi pembuatan biodiesel ini dilaksanakan  di Laboratorium Teknik Reaksi Kimia, Gedung TG lantai 2 Kampus Tenggilis Universitas Surabaya. Riset yang di lakukan ini dengan mengubah minyak jelantah dengan teknologi ozonasi hingga menjadi biodiesel. Bahan yang diperlukan untuk mengubah minyak jelantah menjadi biodiesel ini yakni mencampur metanol, asam sulfat, air, dan gas ozon melalui reaktor.  



Share This:

Kontak

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah universitas swasta di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. UBAYA memiliki tiga kampus: Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas. Universitas ini tercatat sebagai salah satu 50 Promising Indonesian Universities.

Jl. Raya Kalirungkut
TG.05.01 Building
Surabaya 60293 East Java
Indonesia

+62 31 2981158

tk@unit.ubaya.ac.id

Survey Alumni

Untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas alumni Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya, dimohon kesediaan Bapak/ Ibu/ Saudara Alumni dan Pengguna Alumni Khususnya untuk dapat mengisi kuesioner yang dapat di akses pada link dibawah ini:

SURVEY ALUMNI