Phone:+62 31 2981158 TG 5 Building, Fak. Teknik, Raya Kalirungkut, Surabaya
Profil

Tujuan Pendidikan

Tujuan Pendidikan

Kualitas sumber daya manusia Indonesia merupakan kunci sukses utama dalam melepaskan belenggu ketergantungan teknologi dari negara maju. Sebagai bagian dari salah satu perguruan tinggi swasta yang besar dan memperoleh akreditasi A dari Ban-PT, jurusan teknik kimia Universitas Surabaya merasa perlu untuk bertanggung jawab atas pendidikan sumber daya manusia dan penguasaan teknologi khususnya teknologi kimia di Indonesia.

Jurusan Teknik Kimia Universitas Surabaya memiliki tujuan pendidikan yang selaras dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan masyarakat industri. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat serta kebutuhan akan sumber daya manusia berkualitas yang semakin tak terelakkan, maka tujuan pendidikan jurusan teknik kimia Universitas Surabaya secara tegas dan konkrit berupaya untuk mencetak sarjana-sarjana teknik kimia yang berkemampuan komprehensif-aplikatif terhadap konsep-konsep dasar Teknik Kimia dan memiliki profesionalisme yang tinggi.

Profesi di bidang teknologi kimia merupakan profesi yang penuh tantangan. Sarjana teknik kimia harus mampu melakukan analisa, sintesa dan evaluasi proses, mampu merancang alat-alat proses, dan mampu menyelesaikan masalah-masalah proses termasuk berbagai dampak yang ditimbulkannya terhadap lingkungan.

Sarjana teknik kimia yang berkemampuan tinggi hanya dapat diperoleh dari jalur akademik yang memiliki pola pendidikan mantap dan terintegrasi. Atas dasar itu, jurusan teknik kimia Universitas Surabaya memiliki program pendidikan yang lebih mengutamakan :
  1. Knowledge.
    Pemahaman konsep yang mantap dan terstruktur.
  2. Skill.
    Mengembangkan kemampuan motorik yang diperlukan untuk mengaplikasikan konsep-konsep dasar Teknik Kimia dalam melakukan analisis, sintesa, serta evaluasi proses dan sistem proses. Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis dalam penyampaian ide/pendapat.
  3. Attitude.
    Dimilikinya tanggung jawab sosial dan etika serta kepedulian terhadap kelestarian lingkungan sebagai akibat perkembangan ilmu pengetahuan.
Selain memberikan dasar-dasar keilmuan teknik kimia, jurusan teknik kimia Universitas Surabaya masih memberikan kesempatan bagi calon-calon sarjana untuk memiliki keahlian-keahlian khusus. Keahlian-keahlian ini diarahkan pada kebutuhan masyarakat industri, khususnya industri kimia, pada masa sekarang dan akan datang. Bidang-bidang keahlian yang dikembangkan di jurusan teknik kimia Ubaya adalah teknologi polimer, teknologi bioproses dan proses lingkungan, teknologi separasi dan membran, teknologi reaksi kimia, simulasi dan pemodelan.

Bidang-bidang ini sekaligus menjadi unggulan dan ciri khas teknik kimia Ubaya. Dalam mengembangkan bidang-bidang unggulan ini, jurusan tidak hanya bertujuan untuk menjadi lembaga pengajaran, tapi juga mampu menjadi lembaga penelitian dan lembaga yang dapat mengaplikasikan penguasaan teknologinya untuk kepentingan masyarakat.

COPYRIGHT

© 2015 Universitas Surabaya. Artikel yang ada di halaman ini merupakan artikel yang ditulis oleh staf Universitas Surabaya. Anda dapat menggunakan informasi yang ada pada halaman ini pada situs Anda dengan menuliskan nama penulis (apabila tidak tercantum nama penulis cukup menggunakan nama Universitas Surabaya) dan memasang backlink dengan alamat http://tk.ubaya.ac.id/profil/view/3/Tujuan_Pendidikan
Fakultas Teknik Kimia Universitas Surabaya

Kontak

Universitas Surabaya (UBAYA) adalah sebuah universitas swasta di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. UBAYA memiliki tiga kampus: Ngagel, Rungkut, dan Outdoor Campus di Trawas. Universitas ini tercatat sebagai salah satu 50 Promising Indonesian Universities.

Jl. Raya Kalirungkut
TG.05.01 Building
Surabaya 60293 East Java
Indonesia

+62 31 2981158

tk@unit.ubaya.ac.id

Survey Alumni

Untuk meningkatkan pembelajaran dan kualitas alumni Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya, dimohon kesediaan Bapak/ Ibu/ Saudara Alumni dan Pengguna Alumni Khususnya untuk dapat mengisi kuesioner yang dapat di akses pada link dibawah ini:

SURVEY ALUMNI