Universitas Surabaya (Ubaya) mampu meraih lima medali dan dua penghargaan honorable mention dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT). Olimpiade yang diadakan pada 4-7 Mei 2018 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menjadikan Ubaya sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) satu-satunya di Indonesia yang berhasil meraih medali dan penghargaan.

Ubaya meraih kemenangan di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dan sebagainya.

Total 7 kemenangan yang diraih oleh Ubaya, yaitu 1 medali emas dan 2 medali perunggu dalam bidang Kimia, serta 1 medali perak, 1 medali perunggu dan 2 penghargaan honorable mention dalam bidang Biologi. Para mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Kimia yang berhasil meraih medali dalam bidang Kimia antara lain, medali emas oleh Alan Darmasaputra Tanuwijaya (2015), medali perunggu oleh Kevin Jayaatmaja (2016) dan Andika Prasetyo Santoso (2017).