August 14, 2019

Laboratorium di Program Studi Teknik Kimia

Laboratorium Satuan Operasi dan Teknologi Proses Kimia (SOTPK)

Laboratorium SOTPK dikepalai oleh seorang Kepala Laboratorium (Kalab) dan memiliki 2 orang tenaga laboran. Laboratorium ini dilengkapi dengan berbagai peralatan yang menunjang proses praktikum rutin mahasiswa dan penelitian dosen & mahasiswa. Praktikum rutin di Laboratorium SOTPK adalah Praktikum Unit Operasi 1 dan 2. Laboratorium SOTPK secara fisik terdiri dari 4 ruang laboratorium. Keempat laboratorium itu adalah Laboratorium SOTPK Gedung TE), Laboratorium Teknik Reaksi Kimia (Gedung TG Lantai 2), Laboratorium Simulasi (Gedung TG Lantai 4), dan Laboratorium DIC hasil kerja sama dengan University of de La Rochelle, France. Beberapa peralatan yang ada di bawah Laboratorium SOTPK adalah: Spray Dryer, Rotary Vacuum Evaporator, Distilasi kontinyu, Alat pengeringan bahan, Double Pipe and Jacket Heat Exchanger, Reaktor Batch dan Kontinyu, Penukar ion (Ion exchanger), oven, Modul pengendalian proses, Fluid flow, absorpsi, adsorpsi, dan berbagai modul praktikum rutin untuk mahasiswa.

Laboratorium SOTPK memayungi beberapa bidang keahlian atau expertise area dosen, diantaranya adalah Teknologi Pemisahan, Teknik Reaksi Kimia, serta Pemodelan dan Simulasi. Member atau anggota Laboratorium SOTPK saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Dr. Ir. Puguh Setyopratomo, M.T. (Kepala Laboratorium atau Kalab)
  2. Dr. Ir. Hadiyatni Rita Priyantini, M.Sc.
  3. Ir. Rudy Agustriyanto, S.T., M.Sc., Ph.D., IPM
  4. Putu Doddy Sutrisna, S.T., M.Sc., Ph.D.
  5. Dr.rer.nat. Maria Agatha E., S.T., M.Sc., M.Eng., Ph.D.
  6. Ir. Endang Srihari, M.Sc.
  7. Aloysius Yuli Widiyanto, S.T., DEA (studi lanjut S-3 di Prancis)
  8. Arif Rahman Hakim, A.Md. (Laboran Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Simulasi)
  9. Sukris Purwanto, S.Si. (Laboran Laboratorium SOTPK dan DIC)

Laboratorium Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan (TBPL)

Laboratorium TBPL berlokasi di Gedung TG Lantai 1 dan dikepalai oleh Kepala Laboratorium (Kalab) dan memiliki 2 orang laboran. Kegiatan praktikum di Lab TBPL diarahkan untuk menunjang praktikum rutin di beberapa mata kuliah seperti Pengantar Teknologi Bioproses, Mikrobiologi Pangan, dan Mikrobiologi Lingkungan. Di samping itu, kegiatan penelitian di Lab TBPL juga aktif dilakukan untuk menunjang peminatan Teknologi dan Ilmu Lingkungan serta difokuskan pada proses – proses berbasis bio (Bio-based processes) yang memberi bekal pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa Teknik Kimia UBAYA jika mereka nantinya bekerja di industri berbasis bio dan bioteknologi atau melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang membutuhkan kemampuan bekerja dengan mikroorganisme. Kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berada di bawah koordinasi Lab TBPL banyak dilaksanakan dengan bekerja sama dengan Pusat Studi Lingkungan (PSL) UBAYA. Beberapa peralatan yang ada di Lab TBPL adalah: Gas Chromatography, Spektrofotometer UV-VIS, Laminar Flow, High Performance Liquid Chromatography (HPLC), bioreaktor, Incubator shaker, oven, pilot plant peralatan pengolahan limbah, dan berbagai peralatan lain.

Member atau anggota Laboratorium TBPL saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Yunus Fransiscus, S.T., M.Sc. (Kepala Laboratorium atau Kalab)
  2. Professor Ir. Lieke Riadi, Ph.D.
  3. Akbarningrum Fatmawati, S.T., M.Sc. (Studi lanjut S-3 di ITS)
  4. Yuana Elly Agustin, S.T., M.Sc.
  5. Tuani Lidiawati, S.T., M.T.
  6. Bagus Kurnia Wijaya, S.T. (Laboran)
  7. Erni Budiarti, S.Si. (Laboran)

Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran

Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran, Program Studi Teknik Kimia berlokasi di Gedung TG Lantai 2. Laboratorium ini dikepalai oleh seorang Kepala Laboratorium dan memiliki 1 orang laboran. Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran menunjang kegiatan praktikum rutin dan penelitian mahasiswa dan dosen Teknik Kimia. Beberapa mata kuliah yang ditunjang oleh laboratorium ini diantaranya adalah Teknologi Membran, Pengantar Teknologi Polimer, Teknologi Polimer, Ilmu Bahan dan Komposit, dan beberapa mata kuliah lain yang termasuk dalam Peminatan Teknologi Proses Pangan. Kegiatan penelitian di laboratorium ini difokuskan pada dasar dan aplikasi Polimer dalam kehidupa sehari – hari dan industri. Produk – produk dari laboratorium ini meliputi kertas dari kertas bekas, penyaring udara dan air berbasis membran polimer, dan produk – produk pangan.

Peralatan laboratorium yang menunjang kegiatan di laboratorium ini diantaranya adalah: Spektrofotometer UV-VIS, Fourier Transform Infra Red (FTIR), berbagai jenis viskometer, Alat uji membran mode dead end, alat cetak kertas, alat pembuatan membran pelat datar, vacuum oven, dan berbagai alat terkait penelitian tentang polimer dan membran.

Member atau anggota Laboratorium Teknologi Polimer dan Membran saat ini adalah sebagai berikut:

  1. Dr.rer.nat. Lanny Sapei, S.T., M.Sc. (Kepala Laboratorium atau Kalab)
  2. Dr. Emma Savitri, S.T., M.Sc.
  3. Restu Kartiko Widi, S.Si., M.Si., Ph.D.
  4. Ir. Natalia Suseno, M.Si.
  5. Edy Purwanto, S.T., M.Eng. (Studi lanjut S-3 di Australia)
  6. Arief Budhiyantoro, S.Si., M.Si. (Studi lanjut S-3 di UGM)
  7. Drs. Tokok Adiarto, M.Si.
  8. Dyah Ayu Ambarsari, S.T. (Laboran)

Unit Usaha Bengkel Gelas

Selain ketiga laboratorium utama di atas, Program Studi Teknik Kimia UBAYA juga memiliki Bengkel Gelas yang berlokasi di Gedung TG Lantai 1. Bengkel Gelas ini merupakan upaya Prodi Teknik Kimia UBAYA untuk memenuhi kebutuhan perbaikan dan pembuatan peralatan gelas dari lingkungan internal UBAYA maupun dari eksternal UBAYA. Berbagai peralatan untuk proses penyambungan, perbaikan, blowing, dan sebagainya tersedia di unit usaha ini. Untuk melakukan pemesanan atau menghubungi Bengkel Gelas Teknik Kimia UBAYA dapat menghubungi Kalab SOTPK Teknik Kimia UBAYA.