August 14, 2019

Sambutan Ketua Program Studi

Selamat datang di website Program Studi Teknik Kimia Universitas Surabaya (UBAYA) !

Teknik Kimia UBAYA adalah salah satu Program Studi (Prodi) Teknik Kimia di Indonesia yang berlokasi di Gedung TG Kampus 2 UBAYA di kawasan Tenggilis, Surabaya, Jawa Timur. Prodi Teknik Kimia UBAYA menawarkan Program Pendidikan Sarjana Strata-1 (S-1) di bidang Teknik Kimia di mana lulusannya akan memiliki gelar Sarjana Teknik (ST) Kimia.

Secara prinsip, bidang ilmu Teknik Kimia adalah salah satu bidang ilmu yang memiliki cakupan luas yang meliputi hampir seluruh aspek dalam kehidupan kita sehari – hari. Bidang ilmu Teknik Kimia mempelajari segala aspek yang berkaitan dengan proses mengubah suatu bahan baku menjadi produk jadi yang dapat dikomersialkan dengan mempertimbangkan segala aspek, diantaranya aspek sains, teknik, lingkungan, dan ekonomi. Proses transformasi suatu bahan baku menjadi produk dapat melibatkan reaksi kimia maupun tidak melibatkan reaksi kimia. Konsep keilmuan yang dibutuhkan dalam menempuh studi di bidang Teknik Kimia meliputi kimia, matematika, fisika, dan biologi.

Prodi Teknik Kimia UBAYA memiliki sejarah yang cukup panjang sejak berdiri tahun 1986. Hingga saat ini, Prodi Teknik Kimia UBAYA telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas pembelajaran dan penelitian yang baik dan lengkap guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran para mahasiswa. Prodi Teknik Kimia UBAYA telah mendapatkan pengakuan akreditasi ‘A’ nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) serta telah memperoleh sertifikat akreditasi internasional provisional dari Indonesian Accreditation Board of Engineering Education (IABEE). Kualitas penjaminan mutu di Prodi Teknik Kimia UBAYA juga telah memperoleh jaminan sertifikasi dari ISO.

Guna mengantisipasi kebutuhan dunia industri, Prodi Teknik Kimia UBAYA menyiapkan kurikulum dengan menawarkan 3 bidang peminatan bagi para mahasiswa. Ketiga bidang peminatan tersebut adalah: Teknik Kimia, Teknologi Proses Pangan, serta Teknologi dan Ilmu Lingkungan yang dapat mereka pilih selama studi di Teknik Kimia UBAYA.

Penelitian yang dilakukan di lingkungan Prodi Teknik Kimia UBAYA dikelompokkan untuk menunjang ketiga bidang peminatan tersebut dengan mengembangkan expertise areas sebagai berikut: Teknik Reaksi Kimia, Teknologi Pemisahan, Teknologi Polimer dan Membran, Teknologi Bioproses dan Proses Lingkungan, serta Simulasi dan Pemodelan.    

Oleh karena itu, jangan ragu bergabung bersama kami di Prodi Teknik Kimia UBAYA !

Ketua Program Studi Teknik Kimia UBAYA

Putu Doddy Sutrisna, S.T., M.Sc., Ph.D.