Chemical Engineering Open House 2024 tk February 26, 2024

Chemical Engineering Open House 2024

Pada tanggal 15 – 16 Februari 2024 kemarin, tepatnya di Gedung Fakultas Teknik, Kampus Ubaya Tenggilis, Program Studi Teknik Kimia Ubaya mengadakan acara Chemical Engineering Open House yang mengundang setidaknya 230 siswa-siswi SMA di Surabaya dan sekitarnya. Kegiatan open house ini dirancang dalam bentuk kegiatan pelatihan membuat produk dengan ilmu Teknik Kimia sederhana, tour laboratorium dan fasilitas, serta mengenal kehidupan dunia kampus dalam hal ini Ubaya. Antusias para siswa untuk mengikuti event ini sangat besar terbukti dengan  banyaknya siswa yang ingin berpartisipasi dan mendaftar sampai dengan hari H-1, akan tetapi untuk tujuan effektivitas pelaksanaan pelatihan produk Kimia di laboratorium, panitia terpaksa harus membatasi jumlah peserta. Siswa yang mengikuti kegiatan ini berasal dari: SMAK St Louis 1, SMA Kristen Petra 1, SMA Kristen Petra 2, SMA Kristen Petra 4, IPH, SMA Karitas 3, Happy Family School, SMA Little Sun, SMA Trimurti, SMAK St Agnes, SMAK Stanislaus, SMA Masa Depan Cerah. 

Pada acara ini para siswa yang berasal dari berbagai SMA di Surabaya dapat memilih 5 produk yang bisa mereka buat yaitu Lemongrass Soap, Pulp-Based Air Refreshner, Membran, Non-Dregs Coffee Powder dan Gummy Candy. 

Ketua Program StudiTeknik Kimia Ubaya, Dr. Aloisiyus Yuli Widianto, S.T., M.Sc, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang baru mengenai ilmu Teknik Kimia. “Ilmu Teknik Kimia adalah ilmu yang sangat menyenangkan dan mengasyikkan. Aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari sangat luas. Kehidupan manusia tidak bisa jauh dari produk-produk sarjana Teknik Kimia. Karena itu lulusan Teknik Kimia akan selalu dibutuhkan pada saat ini dan masa yang akan datang. Dengan mengenal ruang lingkup ilmu Teknik Kimia dengan baik diharapkan minat siswa untuk belajar kimia yang selama ini terkesan sebagai mata pelajaran yang sulit, akan semakin besar,” jelasnya. Kesan dari peserta open house baik dari siswa maupun guru pendamping pun sangat positif. 

Sampai jumpa di kegiatan Chemical Engineering Open House tahun depan….